LAPORAN KEUANGAN USAHA


Laporan Keuangan Usaha


Laporan Keuangan Usaha
Pengertian laporan keuangan usaha menurut para ahli:
Menurut Munawir dalam bukunya Analisa Laporan Keuangan menyatakan bahwa laporan keuangan adalah bersifat historis dan menyeluruh sebagai suatu laporan kemajuan (progress report).
Zaki Baridwan menyatakan bahwa Laporan keuangan adalah merupakan ringkasan dari suatu proses pencatatan, merupakan suatu ringkasan, dan transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama satu tahun buku yang bersangkutan.

7 Jenis Laporan Transaksi Keuangan

Pembuatan laporan keuangan bisnis bertujuan agar Anda dapat mengetahui arus kas bisnis anda, mulai dari sumber pemasukan, ke mana saja uang dibelanjakan, produk mana yang paling banyak menghasilkan profit, dan sebagainya. Nah, dalam membuat laporan keuangan akuntansi usaha mikro, setidaknya ada tujuh jenis pembukuan yang harus Anda susun, yaitu:
Buku kas – berfungsi mencatat keluar masuknya yang dalam satu periode dan bertujuan memberikan gambaran aktivitas bisnis dalam hal operasi, investasi, dan pendanaan.
Buku biaya untuk mencatat biaya yang Anda keluarkan selama proses produksi, mulai dair membayar gaji karyawan, tagihan listrik, sewa tempat usaha, dan sebagainya.
Penjualan barang untuk mencatat penjualan barang yang dilakukan selama periode tertentu, biasanya disertai dengan salinan faktur yang telah dibuat.
Persediaan barang pencatatan persediaan barang yang dilakukan secara rutin, baik jumlah barang hingga harga pokoknya.
Pembelian barang  hanya untuk pencatatan pembelian-pembelian yang tidak dibayar secara tunai, diisi secara rutin berdasarkan faktur-faktur pembelian.
Buku piutang  berisi laporan pembayaran yang belum terlunasi, memudahkan Anda untuk memonitor sudah berapa lama piutang tidak tertagih sehingga Anda bisa segera mempercepat penarikan piutang. 
Buku utang berisi laporan utang perusahaan yang harus dibayar pada periode tertentu kepada pihak lain.
Langkah-langkah membuat laporan keuangan:
1) Analisis transaksi,
2) Memasukkan transaksi tersebut dalam jurnal,
3) Posting catatan dalam jurnal tersebut ke dalam buku besar,
4) Mempersiapkan laporan keuangan berdasarkan daftar saldo pada akhir periode.

Jenis Laporan Keuangan UKM
Jenis laporan keuangan UKM juga telah ditetapkan IAI. Model laporan keuangan UKM ini hampir sama dengan perusahaan besar lainnya, hanya saja jauh lebih sederhana.

1. Neraca
Untuk mengetahui posisi keuangan suatu perusahaan, UKM membutuhkan neraca yang dibuat setahun sekali. Laporan ini memiliki beberapa unsur seperti harta, kewajiban dan modal.

2. Laporan Laba Rugi
Laporan ini memuat laporan tentang selisih pendapatan dengan biaya beban.

3. Laporan Perubahan Ekuitas
Ekuitas merupakan selisih total aktiva dengan pasiva. Nah, perubahan ekuitas ini adalah selisih ekuitas saat ini dengan periode sebelumnya.

4. Laporan Arus Kas
Memuat informasi arus kas masuk dan keluar pada periode waktu tertentu.

Tahapan Membuat Laporan Keuangan UKM

Adapun tahapan untuk membuat laporan keuangan UKM adalah:

1) Pisahkan uang pribadi dan usaha
Berbisnis memang demi meraup keuntungan bagi si pemilik. Tapi bukan berarti Anda lantas mengambil semua keuntungan untuk keperluan pribadi. Anda harus memutarnya untuk mengembangkan usaha agar lebih baik lagi.

Namun sayangnya, masih banyak pelaku UKM yang belum bisa memisahkan uang pribadi dengan uang usaha.

2) Kumpulkan Bukti Transaksi
Pada langkah awal, Anda harus mengumpulkan data transaksi yang telah dikumpulkan sejak awal berupa transaksi debit dan transaksi kredit. Kemudian identifikasi data tersebut dengan memisahkan antara nota dan kwitansi.

3) Ringkas Laporan Keuangan
Kemudian ringkaslah data tersebut dalam sebuah laporan. Ini dilakukan demi mempermudah Anda dalam menganalisis data yang ada untuk dibuatkan neraca saldo.

 
PILIHAN GANDA


 1.   Tujuan akuntansi yaitu dapat menyusun laporan keuangan dengan benar, laporan keuangan tersebut terdiri dari …..
a.     Neraca
b.     Neraca dan laporan L/R
c. Neraca, laporan L/R komprehensif, dan laporan perubahan modal
d.      Laporan perubahan modal
e.       Laporan perubahan modal dan laporan L/R



2.    Laporan keuangan yang disusun bulanan atau kuartalan untuk kepentingan manajemen perusahaan disebut …..
a.       Laporan tahunan
b.      Laporan interim
c.       Laporan berkala
d.      Laporan bulanan
e.       Laoran kuartalan


   3.    Yang tidak termasuk aktiva lancar adalah …..
a.       Surat berharga
b.      Wesel tagih
c.       Sewa diterima dimuka
d.      Asuransi dibayar dimuka
e.       Piutang

Komentar

  1. As claimed by Stanford Medical, It is in fact the one and ONLY reason this country's women live 10 years longer and weigh 42 pounds lighter than we do.

    (And actually, it is not about genetics or some hard exercise and really, EVERYTHING around "how" they eat.)

    P.S, I said "HOW", not "what"...

    CLICK this link to determine if this little questionnaire can help you decipher your true weight loss possibilities

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Materi : Paparan Deskriptif, Naratif, Argumentasi dan Persuasif tentang produk jasa

SOAL PILIHAN GANDA

SOAL PILIHAN GANDA MENILAI PERKEMBANGAN USAHA